Hendak Membeli Gelang Berlian Pria? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!

gelang berlian pria

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa gelang berlian merupakan salah satu jenis perhiasan yang dikhususkan bagi wanita saja. Namun ternyata hal tersebut adalah salah. Pasalnya kini sudah hadir berbagai gelang berlian pria yang ditujukan untuk penggunaan para kaum Adam.

Namun tentu terdapat beberapa perbedaan antara gelang berlian wanita dan gelang berlian untuk para pria. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari modelnya. Model gelang berlian untuk pria biasanya lebih tebal dan besar namun dengan desain yang simple agar tetap memberikan kesan maskulin. 

Selain soal model, bagi Anda para pria yang akan membeli gelang berlian untuk penunjang penampilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  1. Warna berlian

Perlu Anda ketahui, berlian hadir dengan warna yang cukup beragam. Warna atau color tersebut juga bisa menjadi salah satu faktor penilaian kualitas dari berlian tersebut. Bagi orang awam, merupakan hal yang cukup sulit untuk membedakan kualitas warna berlian dengan mata telanjang. Jika begitu, ada cara lain yaitu dengan membaca secara detail kualitas warna yang ada di sertifikat penyerta gelang berlian.

Warna berlian sendiri ditentukan dengan skala D sampai dengan Z. Skala D yaitu nilai tertinggi, sedangkan skala Z adalah nilai terendah. Namun meski begitu, Anda tidak melulu harus memilih gelang dengan skala tertinggi yaitu skala D. Pasalnya gelang berlian dengan skala F sampai H juga tergolong bagus, asalkan Anda juga memperhatikan kualitas lainnya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa skala tersebut hanya berlaku pada berlian putih saja. Untuk berlian berwarna atau fancy color seperti coklat, hijau, kuning, biru dan lainnya menggunakan skala yang berbeda.

  1. Kejernihan berlian

Kejernihan atau clarity menjadi faktor juga termasuk faktor penentu kualitas berlian pada sebuah perhiasan. Untuk melihat kejernihan berlian dilakukan dengan melihat tanda kecacatan atau inklusi yang ada pada batuan tersebut. Karena berlian asli berasal dari perut bumi sehingga tidak akan terlepas dari inklusi alami.

Untuk skala kualitas kejernihan berlian tertinggi yaitu FL atau Flawless. Namun berlian dengan skala tersebut sangatlah langka. Jadi, tidak heran jika harga gelang yang menggunakan berlian tersebut akan sangat mahal. 

Tenang, Anda masih bisa memilih berlian dengan skala kejernihan di bawah FL. Beberapa diantaranya yaitu Internally Flawless (IF), Very Very Slightly Included (VVS), Very Slightly Included (VS), Slightly Included (SI), dan Included (I). Gelang dengan berlian-berlian tersebut juga memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang baik, kok! Yang paling ideal adalah berlian dengan kualitas VVS.

  1. Carat berlian

Perlu diketahui sebelumnya, carat berlian berbeda dengan karat pada emas. Carat pada berlian menunjukan satuan massa atau berat. Nilai 1 carat sendiri setara dengan 0,2 gram. Satu yang menarik, berat ini juga berbeda dengan besar berlian, lho

Jadi, meskip ukuran berlian sama akan tetapi bisa saja berat carat yang dimilikinya berbeda. Bahkan, ada juga berlian kecil namun caratnya lebih berat dibanding berlian dengan ukuran yang lebih kecil.

  1. Potongan berlian

Potongan termasuk faktor penting yang harus Anda perhatikan saat membeli gelang berlian. Pasalnya potongan atau cutting sangat berpengaruh pada keindahan dan kilau gelang berlian nantinya. 

Jadi, pastikan Anda memilih berlian dengan potongan terbaik dan presisi agar gelang lebih indah. Untuk skala kualitas cutting sendiri dibagi menjadi signature ideal  yang merupakan skala tertinggi, ideal, very good, good, dan yang terendah yaitu fair.

Itulah dia beberapa hal selain model yang wajib diperhatikan dalam memilih gelang berlian pria. Untuk mendapatkan gelang berlian terbaik, Anda bisa membelinya hanya di brand perhiasan terbaik, terlengkap dan terpercaya yaitu The Palace Jeweler.

Tinggalkan Balasan