Peluang Kerja Lebih Cuan untuk Jurusan S2 Manajemen

S2 Manajemen

Semakin tinggi jenjang pendidikan yang Anda miliki, maka semakin terbuka banyak peluang kerja di masa depan. Terlebih jika Anda merupakan lulusan fakultas S2 Manajemen. Lulusan fakultas tersebut merupakan salah satu fakultas yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan banyak peluang kerja di masa yang akan datang.

Untuk Anda yang merupakan lulusan S1 di bidang Manajemen, Anda bisa melanjutkannya ke program S2 di program yang sama. Karena Anda bisa mendapatkan peluang kerja yang tergolong lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Apa Saja Peluang Kerja untuk Lulusan S2 Manajemen?

Lulusan program studi Manajemen memiliki banyak peluang kerja di berbagai perusahaan atau instansi, baik di sektor swasta maupun di sektor publik. Berikut ini kami sudah merangkum beberapa contoh posisi yang biasanya ditawarkan kepada lulusan tersebut:

1.   Menduduki Posisi Sebagai Manajer

Lulusan Manajemen bisa mengisi posisi manajer di berbagai jenis perusahaan, seperti manajer produksi, manajer pemasaran, manajer keuangan, dan lainnya. Tugas dari seorang manajer yaitu mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan di suatu unit kerja atau departemen, dan juga mengambil keputusan strategis untuk mencapai tujuan perusahaan.

Posisi manajer merupakan salah satu posisi yang strategis dan juga merupakan salah satu posisi yang tergolong tinggi di suatu perusahaan.

2.   Bekerja Sebagai Konsultan

Seorang lulusan S2 di jurusan Manajemen juga bisa bekerja sebagai konsultan di perusahaan konsultan yang bergerak di bidang manajemen. Konsultan ini memiliki tugas untuk memberikan solusi dan saran kepada perusahaan atau instansi yang membutuhkan bantuan dalam mengelola bisnisnya.

Tugas dari seorang konsultan yaitu membantu mencarikan solusi bagi perorangan maupun perusahaan yang berkaitan dalam bidang manajemen.

S2 Manajemen
S2 Manajemen

3.   Bekerja Sebagai Analis

Anda yang sudah lulus di bidang Manajemen juga bisa bekerja sebagai analis di perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga profesional untuk menganalisis data dan mengelola informasi untuk kepentingan bisnis.

Analis memiliki tugas yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Selain itu, orang dengan kemampuan analisa di bidang manajemen tergolong banyak dicari oleh perusahaan maupun instansi.

4.   Bekerja di Bidang Penelitian

Seseorang yang sudah lulus dari program jurusan Manajemen juga bisa bekerja sebagai peneliti di perusahaan atau instansi yang ingin mengembangkan pengetahuan dan mencari solusi terbaik untuk permasalahan bisnis yang dihadapi.

Penelitian yang dilakukan tidak jauh dari bidang manajemen perusahaan. Tugasnya yaitu menemukan solusi yang strategis untuk perusahaan yang berkaitan dengan manajemen bisnis.

5.   Sebagai Penjual atau Marketer

Orang yang sudah lulus di fakultas Manajemen juga bisa bekerja sebagai penjual atau marketer di perusahaan yang menjual produk atau jasa. Penjual bertugas menjual produk atau jasa tersebut kepada pelanggan dan mencari peluang pasar baru.

Jurusan manajemen juga berkaitan dengan pemasaran atau marketing. Itulah yang menjadi alasan kenapa jurusan ini berkaitan juga dengan penjualan.

Peluang Kerja

Sebagai informasi tambahan, seorang lulusan Manajemen juga bisa bekerja di sektor public. Contohnya seperti di pemerintahan, lembaga pemerintah non-departemen, atau instansi lainnya yang membutuhkan tenaga profesional dalam bidang manajemen.

Untuk memperoleh peluang kerja yang lebih baik, seorang yang sudah lulus di fakultas Manajemen biasanya disarankan untuk mengikuti program magang atau bekerja paruh waktu selama menempuh studi S1 atau S2.

Dengan mengikuti program magang atau kerja paruh waktu, maka lulusan Manajemen nantinya akan memiliki pengalaman kerja yang lebih banyak dan lebih siap untuk mengisi posisi yang tersedia di perusahaan atau instansi.

Bagi yang berencana melanjutkan S2 Manajemen, kini Anda bisa mendaftar langsung di UI (Universitas Indonesia) yang merupakan universitas bergengsi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan