Cara Tepat dan Mudah Merawat Koleksi Jewellery Di Rumah

Jewellery

Kita semua tentu setuju bahwa perhiasan emas dan berlian merupakan barang berharga yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan tidak semua orang bisa memilikinya. Apakah Anda juga memiliki koleksi perhiasan, atau jewellery collection baik gelang, cincin, kalung maupun anting di rumah?Jika ya, sangat penting bagi Anda untuk merawatnya sebaik mungkin. Hal tersebut dimaksudkan agar perhiasan bisa tetap terjaga kondisinya sehingga mampu menunjang penampilan Anda dengan maksimal. 

Merawat koleksi perhiasan yang dimiliki juga tidaklah susah, kok! Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Lalu, bagaimanakah cara merawat perhiasan dengan tepat? Simak informasinya dibawah ini!

  1. Bersihkan dengan rutin

Agar koleksi perhiasan Anda tetap terjaga tampilannya, hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin dan berkala. Seindah dan semewah apapun perhiasan yang dimiliki, jika kotor tentu Anda enggan untuk menggunakannya, bukan?

Debu atau partikel-partikel kotoran sekecil apapun yang menempel pada perhiasan emas atau berlian sekalipun akan membuat perhiasan tersebut tampak kusam. Untuk itu, pastikan Anda rajin untuk membersihkannya, ya!

  1. Simpan di tempat khusus

Agar kebersihannya tetap terjaga dan memudahkan kembali ketika akan digunakan, sebaiknya Anda tidak menyimpan perhiasan begitu saja seperti di laci, lemari atau tempat-tempat lainya. Pastikan Anda menyimpan perhiasan tersebut di kotak perhiasan khusus yang dirancang sebagai penyimpanannya. Biasanya, kotak perhiasan yang baik yaitu kotak yang terbuat dari kayu dan di bagian dalamnya dilapisi kain atau bahan lembut. 

Selain menyimpan di tempat khusus, Anda juga harus menghindari menyimpan beberapa perhiasan dalam satu kotak secara bersamaan karena bisa menyebabkan gesekan antar perhiasan. Selain bisa menyebabkan goresan pada perhiasan, hal tersebut juga bisa membuat setiap perhiasan terutama kalung saling menempel dan berbelit satu sama lain.

  1. Lepaskan perhiasan saat bekerja

Ketika melakukan beberapa aktivitas yang banyak bergerak seperti mencuci, menyapu atau mengepel, maka pastikan Anda perhiasan yang dimiliki, ya! Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari perhiasan terbentur atau tergores dengan benda lain sehingga bisa menimbulkan kerusakan.

Selain itu, jika perhiasan sering terkena bahan kimia yang terdapat pada sabun pembersih, hal tersebut bisa membuat penampilannya menjadi kusam dan menurunkan kualitasnya.

  1. Jangan gunakan perhiasan ketika berenang

Selain saat melakukan pekerjaan rumah, Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan berbagai jenis perhiasan ketika berenang. Karena biasanya kolam renang umum mengandung kaporit yang dapat mempengaruhi kualitas dari perhiasan tersebut.

Selain itu, ada resiko yang lebih besar jika Anda memaksakan untuk tetap menggunakan perhiasan saat berenang. Resiko tersebut yaitu terlepasnya perhiasan tanpa disadari. Anda tentu tidak ingin kehilangan barang berharga yang dimiliki, bukan? Jadi lepas perhiasan ketika berenang, ya!

  1. Hindari terkena zat kimia

Agar tampilan dari perhiasan Anda bisa tetap berkilau, maka hindari perhiasan tersebut dari berbagai zat kimia yang ada di sekitar Anda seperti sabun maupun parfum. Pasalnya, di dalamnya biasanya terdapat kandungan zat klorit yang akan merusak struktur dalam perhiasan terutama yang berbahan logam emas. 

Biasanya perhiasan yang rentan terkena parfume secara langsung adalah gelang dan juga kalung emas. Tak hanya itu, zat kimia lain seperti yang ada pada body lotion serta hair spray juga sebaiknya Anda hindari, ya!

Itulah dia cara mudah dalam merawat koleksi jewellery agar tampilan serta kualitasnya tetap terjaga. Sangat mudah, bukan? Bagi Anda yang sedang mencari berbagai jenis perhiasan emas atau berlian, Anda bisa membelinya hanya di Mondial Jeweler.

Tinggalkan Balasan