7 Tipe Digital Marketing Agency dan Fokus Layanan yang Ditawarkan

digital marketing agency

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis. Jika menginginkan bisnis yang berjalan dengan optimal, maka Anda harus melakukan pemasaran yang tepat. Digital marketing agency hadir untuk memenuhi ekspektasi Anda. Mereka menawarkan jasa dan layanan seputar digital marketing. Anda tinggal memilih tipe agensi sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya ada beberapa tipe agensi dengan fokus layanan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tipe-tipenya:

Digital Agency

Tipe agensi yang paling umum Anda temukan adalah digital agency. Sesuai namanya, agensi akan membantu Anda mendapatkan pelanggan secara online melalui pemasaran digital. Ada tiga jenis pemasaran yang biasanya dipakai agensi yaitu single channel, omni channel dan multi channel. Sebelum memilih jenis pemasaran, agensi biasanya akan melakukan analisis terhadap bisnis Anda terlebih dahulu.

Full Service Digital Agency

Full service digital agency adalah sebuah agensi yang menawarkan jasa dan layanan penuh. Biasanya jasa dan layanannya mencakup layanan marketing ataupun advertising. Jika kebutuhan pemasaran Anda banyak, maka sebaiknya cari full service digital agency. Jadi Anda tidak akan susah-susah mencari tipe agensi lainnya. Layanan yang ditawarkan berbasis online sehingga lebih memudahkan Anda sebagai klien.

digital marketing agency
digital marketing agency

Digital Ad Agency

Digital ad agency termasuk tipe agensi yang populer akhir-akhir ini seiring populernya iklan berbayar. Sesuai namanya, agensi ini menawarkan layanan iklan berbayar atau biasanya berupa iklan PPC (pay per click). Jenis iklan tersebut populer karena memberikan hasil yang cepat dan akurat. Ada banyak jenis iklan berbayar yang bisa dimanfaatkan seperti Google Ads, YouTube Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya. 

SEO Agency

Tipe agensi selanjutnya yang akan membantu pemasaran digital bisnis Anda adalah SEO agency. Agensi satu ini fokus pada layanan optimasi SEO (Search Engine Optimization). SEO sendiri merupakan teknik yang dilakukan agar website bisa muncul di peringkat pertama mesin pencarian Google. Berbeda dengan iklan berbayar, SEO gratis dan menghasilkan trafik organik. Agar website mendapatkan peringkat pertama, agensi akan menerapkan beberapa hal seperti audit website, membuat konten SEO, membangun backlink, dan lain-lain.

Marketing Automation Agency

Popularitas marketing automation agency cukup tinggi karena agensi ini membantu meningkatkan conversion rate dengan sangat baik. Jadi bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar. Caranya yaitu dengan CRM, otomatisasi email, Facebook chatbot, dan lain-lain. Untuk melakukan pemasaran, agensi memanfaatkan tools-tools kekinian seperti MailChimp, Bugger, dan Hubspot.

Web Development Agency

Mengingat website merupakan digital asset yang sangat penting untuk sebuah bisnis, maka muncul agensi yang fokus pada pembangunan website yaitu web development agency. Agensi akan membantu membuat website yang menarik, fungsional, namun tetap memberikan pengalaman sempurna untuk pengunjung. Selain web design dan web development, agensi ini biasanya juga bisa membuat landing page dan mobile optimization.

Influencer Agency

Tipe agensi terakhir yang bisa membantu digital marketing bisnis Anda adalah influencer agency. Agensi ini biasanya menaungi influencer dari berbagai kota atau bahkan skala nasional. Anda tinggal memilih influencer sesuai kebutuhan bisnis. Namun di Indonesia sendiri masih sangat sulit mencari influencer agency

Itulah 7 tipe digital marketing agency beserta layanan yang mereka tawarkan. Jika membutuhkan agensi dengan layanan penuh, pilih saja agensi terbaik yaitu IDEOWORKS. Layanannya lengkap sehingga mudah sekali Anda pilih sesuai kebutuhan. Sebelum bekerja sama, tim IDEOWORKS akan mengajak diskusi terlebih dahulu. Anda bisa berkonsultasi jenis layanan apa yang cocok dengan bisnis. Informasi dan kontak tim bisa Anda lihat pada website resminya. 

Tinggalkan Balasan