Cara Memperbanyak ASI dengan Makanan Sehat

cara memperbanyak asi

ASI (Air Susu Ibu) diberikan pada Si Kecil secara eksklusif mulai dari lahir sampai berusia 6 bulan. Wajar jika semua ibu merasa khawatir akan pasokan ASI bagi Si Kecil. Pasalnya ASI merupakan satu-satunya sumber gizi dan energi untuk bayi. Salah satu cara memperbanyak ASI dan menjaga pasokannya tetap berlimpah adalah dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Berikut ini adalah makanan-makanan yang dipercaya bisa memperlancar ASI:

Daun Katuk

Jika membicarakan mengenai makanan yang bisa memperbanyak ASI, daun katuk selalu menjadi urutan pertama. Daun berwarna hijau tua ini memiliki kandungan zat laktagogum yang mendorong produksi ASI. Ada juga kandungan polifenol dan steroid yang meningkatkan kadar prolaktin. 

Gandum

Jika sulit mendapatkan daun katuk, ada makanan lain yang bisa memperbanyak ASI. Alternatif makanan yang pertama adalah gandum. Berdasarkan penelitian, gandum disebut-sebut mampu meningkatkan produksi ASI, jadi pasokan untuk Si Kecil bisa melimpah.

Wortel

Wortel dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Bukan hanya itu saja, makanan yang identik berwarna oranye ini juga meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Anda bisa mengolah wortel dengan cara direbus atau dibuat menjadi jus. Konsumsi setiap hari agar ASI semakin lancar.

cara memperbanyak asi

Bayam

Bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Ketika kadar zat besi di tubuh ibu berkurang, maka mereka membutuhkan zat besi dari luar untuk mengisinya. Selain itu, rendahnya kadar zat besi juga berkaitan dengan produksi ASI. Jika zat besi rendah, suplai susu pun juga rendah.

Pare

Makanan terakhir yang bisa membantu memperbanyak ASI adalah pare. Meskipun identik dengan rasanya yang pahit, namun karena memiliki banyak manfaat. Kandungan di dalamnya seperti fitokimia lutein antioksidan, dan vitamin K bisa membuat ASI lebih kental. Jadi Si kecil yang meminumnya bisa lebih cepat kenyang.

Itulah cara memperbanyak ASI dengan mengkonsumsi makanan sehat. Selain menjaga pasokan ASI tetap melimpah, Anda juga harus menjaga Si Kecil agar terhindar dari ruam dan iritasi popok. Gunakan popok yang aman seperti MAKUKU SAP Diapers. Desain dan bahan yang digunakan aman untuk bayi yang baru lahir. Informasi lain mengenai kelebihan MAKUKU SAP Diapers bisa Anda lihat di websitenya yaitu http://www.makuku.co.id/. 

Tinggalkan Balasan